Jumat, 30 Mei 2014

Di Desa Kedungmutih Pohon Jambu Merahpun Berbuah Lebat

script type="text/javascript">


Demak – Saat ini Demak merupakan salah satu pemasok Jambu Merah jenis citra maupun delima . Selain dipasarkan disekitar kabupaten Demak  jambu dari kota Wali ini menyebar ke berbagai penjuru. Selain pasar tradisional Jambu Demak ini bertengger di rak-rak minimarket kota-kota besar. Bahkan kini jambu menjadi icon baru kota Demak.

Jambu Demak ini dulunya dikembangkan dari desa Betokan dan sekitarnya. Namun seairing dengan perkembangan waktu dan keadaan tanaman jambu ini sudah menyebar ke seluruh penjuru wilayah Demak. Bahkan di desa Pesisir seperti Kedungkarang dan Kedungmutih pohon Jambu Merah ini tumbuh baik dan berbuah lebat.

“ Kalau tidak salah pohon Jambu Merah ini hasil cangkokan dari teman adik saya daerah Bonang . Setelah kami tanam di belakang rumah ini bisa tumbuh dengan baik dan sudah panen beberapa kali “, ujar Habibah warga desa Kedungmutih pada Warta Demak, Kamis (29/5).

Petik Jambu Merah


Habibah mengatakan, menanam Jambu Merah ini tidaklah sulit . Pohon hasil cangkokan itu tinggal di tanam di pekarangan rumah . Jika masih kecil perlu penyiraman secara berkala. Namun setelah tumbuh baik daunnya lebat kita tinggal mengawasinya sesekali di beri pupuk. Selain itu dijaga dari hama dan gangguan hewan  seperti kambing dan ternak lainnya.

“ Mungkin kalau perawatannya bagus 6-7 tahun setelah di tanam jambu mulai bisa di panen. Awalnya memang buahnya tidak begitu lebat. Lama kelamaan makin lebat. Jika ngepasi baik buah dan daun justru kelihatan banyak buahnya “, papar Habibah yang Guru Agama sebuah Sekolah Dasar.

Selain dirinya di desa Kedungmutih ini warga yang menanam Jambu Merah ini cukup banyak meski hanya mempunyai 1-2 pohon di halaman mereka. Bibit tanaman jambu itu selain ada yang membeli atau mencangkok dari tempatnya. Banyak pula yang membeli dari penjual tanaman yang ider dari kampung ke kampung.



Menurut Ibu dari 3 anak ini , jika dikembangkan secara baik bertanam jambu ini bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan. Saat ini harga Jambu Merah dengan kualitas bagus setiap kilonya bisa mencapai Rp 15 ribu – Rp 20 ribu. Yang sedang harganya berkisar Rp 10 ribu – 12 ribu dan kulaitas rendah Rp 5 ribu – 10 ribu.

“ Karena ini hanya sebagai pengisi ruang kosong saja ya Jambu hasil dari tanaman ini biasanya dimakan sendiri. Jika berlimpah ya diberikan tetangga agar merasakan manisnya Jambu Merah ini “, kata Habibah

Di wilayah RT 02 RW 02 setidaknya ada 15 rumah yang mempunyai tanaman Jambu di halaman depan dan belakang rumahnya. Biasanya tidak ada perawatan yang istimewa pada tanaman jambu ini. Namun demikian setiap tahun tanaman ini bisa panen minimal 2 kali setahun. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar