Selasa, 18 April 2017

Peternak Kerbau Desa Mutih Kulon Demak , Butuh Pendampingan




 
Pak Sapar di depan kandang kerbaunya
Demak - Desa Mutih Kulon  kecamatan Wedung kabupaten Demak dulu dikenal sebagai gudangnya peternak Kerbau , namun dengan berubahnya jaman jumlah peternak kerbau makin berkurang . Saat ini hanya beberapa orang yang masih menekuni usaha ternak Kerbau dan rata-rata merupakan pekerjaan sambilan, selain menggarap sawah  
Berkurangnya peternak kerbau dikarenakan kerbau tidak lagi dipergunakan untuk membajak sawah. Peran kerbau digantikan mesin. Usaha peternakan kerbau di desa Mutih Kulon ini berpusat di dukuh kemantren tepatnya di dekat jembatan yang membelah Kali Serang lama.
Di tempat ini berdiri kandang-kandang kerbau yang sederhana. Setiap kandang jumlah kerbau yang dipelihara bervariasi mulai dari 3 ekor sampai 7 ekor. Setiap pagi menjeleng siang hari kerbau dikeluarkan dari kandang untuk mencari makan dan juga mandi disungai. Sore hari kerbau dimasukkan dalam kandang.
Kerbau dalam kandang
Pak Sapar salah satu peternak dari desa Mutih kulon  mengatakan , dulu desaini  peternak kerbau jumlahnya cukup banyak mencapai puluhan orang. Tetapi saat ini jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Rata rata mereka adalah petani dan buruh tani nyambi beternak kerbau. 
Di kandangnya saat ini ada 7 kerbau yang dipelihara. Ia beternak kerbau sudah puluhan tahun  sejak ia masih muda. Ayahnya dulu juga mempunyai usaha beternak kerbau. Sejak kecil ia sudah angon kerbau sampai kinipun ia angon sendiri kerbaunya.
Menurut pak Sapar usaha beternak kerbau cukup menguntungkan . Setiap tahunnya ia bisa menjual kerbau 1-2 ekor dengan keuntungan Rp 8-9 juta setiap ekornya. Kerbau bakalan ia beli seharga 9-10 juta rupiah ketika dipelihar 1-2 tahun harganya bisa dua kali lipat harga belinya.
Namun sayangnya usaha ternak kerbau ini tidak mendapatkan respon dari pemerintah. Tidak ada penyuluhan tentang beternak kerbau yang baik  juga bantuan pembinaan  untuk rehab kandang atau bantuan bibit kerbau. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar