Jumat, 28 April 2017

Di Desa Kenduren Demak , Yang Terima Raskin Rumahnya Tertempel Stiker “Keluarga Miskin”



Rumah dengan stiker KELUARGA MISKIN
Demak –  Ada yang berbeda pada pembagian raskin  di desa Kenduren kecamatan Wedung kabupaten Demak  pada tahun 2017 ini. Pasalnya tahun lalu beras miskin yang hanya diterima oleh 392 KK namun pada prakteknya diberikan kepada 1.920 KK yang ada di desa . Atau istilahnya diratakan pada semua KK. Namun pada tahun ini desa Kenduren mendapatkan raskin hanya 347 KK dan beras itu diberikan kepada 347 KK sesuai dengan daftar yang ada.

“ Memang desa Kenduren tahun ini membuat gebrakan baru dalam pembagian raskin ini. Yang dulu-dulu semua warga dapat jatah beras ini. Tetapi saat ini yang menerima hanya yang tertera dalam daftar saja “, kata Malikhan satgas raskin pada kabaredemak.com.

Malikhan mengatakan keputusan itu mengacu pada hasil Musyawarah Desa ( Musdes) yang memutuskan bahwa raskin hanyaa diberikan pada yang berhak saja . Sebelumnya fihak desa dan lembaga mengadakan verifikasi terhadap warga yang berhak menerima raskin ini. Setelah itu diputuskan bersama merekalah nantinya yang berhak mendapatkan beras miskin itu. Dan rumah mereka di tempeli stiker “KELUARGA MISKIN”.

Inilah stiker nya
“ Saat ini tidak ada lagi pembagian beras 1 zak untuk 4-5 orang seperti dulu . Namun mereka yang mendapatkan saat ini membawa pulang 1 zak beras seberat 15 Kg. Jadi hak mereka tidak dibagi yang lain seperti yang dulu “, tambah Malikhan.

Malikhan menambahkan , tahun lalu desa mendapatkan beras 5.580 Kg yang dibagikan kepada 1.960 KK . Rata-rata mereka hanya mendapatkan beras 3 Kg , namun sekarang satu warga mendapatkan beras 1 zak seberat 15 Kg. Dengan naiknya jatah beras mereka diharapkan yang benar-benar miskin akan lebih sejahtera.

“ Nah untuk menandai mereka menerima beras raskin , pada rumah-rumah mereka ditempel label atau Stiker “ Keluarga Miskin” yang dibuat desa. Semua rumah yang mendapatkan beras raskin pasti ada stikernya. “, tambah Malikhan.

Gebrakan desa Kenduren ini patut dicontoh desa yang lain. Hampir semua desa masih menerapkan beras miskin di bagi rata . Dengan mencontoh desa Kenduren kecamatan Wedung kabupaten Demak ini diharapkan kesejahteraan keluarga miskin makin terangkat. Harapannya semua program untuk keluarga miskin diharapkann tidak salah sasaran. (Muin)


1 komentar:

  1. Apa tdk trlalu sensitif pak? Bgmn kl d pilih diksi lain yg lbih halus PENERIMA RASKIN, KELUARGA GOLONGAN .... dan sebagainya

    BalasHapus