Senin, 03 April 2017

Bencana Alam, Tempat Pengungsian Harus Aman dan Nyaman

Dandim berikan sambutan pengarahan

Demak Komando Distrik Militer (Kodim)  0716/Demak menyatakan pentingya memahami fungsi dan peran dalam menagemen bencana atau kelola pengungsian korban bencana alam.

Hal ini diungkapkan Dandim 0716/Demak Letkol Inf Agung Udayana saat memberikan  sambutan dalam pembukaan kegiatan pelatihan manajemen tempat pengungsian, di Aula Kelurahan Kadilangu Kec. Demak Kota Kab.Demak, Senin kemarin (03/4).

Dalam kegiatan yang bekerja sama dengan BPBD Demak tersebut, Agung sedikit menuturkan, bahwa bencana alam memiliki dampak serius bagi manusia. Untuk menyelamatkan sesorang harus mengungsi ke tempat yang lebih aman dari bencana.

“Sasaran kegiatan ini agar peserta memahami peran dan fungsi serta tanggungjawab masing-masing dalam mengelola tempat pengungsian sesuai dengan standar dan prinsip kemanusiaan,“  terangnya.

Dia mengemukakan, bahwa bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan tanah longsor, banjir, kekeringan dan angin puting beliung atau di kenal dengan nama angin Wabrauw serta kerusakan kebakaran hutan semua itu merugikan harta dan jiwa.

“Salah satu bencana yang masih terlintas diingatan kita, yakni banjir kemarin di Sungai Dompo di kecamatan Sayung  Februari 2017. dimana saat ada orang mengalami kesusahan maka Anggota BPBD dan TNI/POLRI  bisa menjadi sebagai penolong dalam mengatasi kesulitan dan keusahan masyarakat,“ sebut Agung.

Dia mengharapkan kepada seluruh instansi agar terus meningkatkan kordinasi dalam menangani pengungsi termasuk mengelolah tempat pengungsian. Kordinasi kadang mudah di ucapkan namun sulit di laksanakan meski demikian dia menghimbau agar terus di upayakan melakukan kordinasi lintas sektor dengan baik.

“Dalam penanganan pengungsian mestinya ada kordinasi dan pengelolaan manejemen tempat pengungsian dengan pendekatan holistik dan partisipasi masyarakat,“ terang dia.

Sementara itu Drs.M Agus Nugroho LP ( Ka.Laksa ) BPBD  Demak mengatakan mari kita belajar bersama dalam pengelolaan penangganan pengungsi jadi kita harus benar- benar tepat sasaran.

Penanggulangan bencana dibagi menjadi 3 yaitu  Pertama bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan Kedua bidang kedaruratan dan logistik.Ketiga bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi.

Kegiatan ini selain melibatkan BPBD Kabupaten Demak, juga melibatkan sekitar 100 peserta dari Instansi dan Badan yang ada di Pemerintahan kabupaten Demak.


“Selain mendatangkan pemateri lokal kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari luar Demak yakni BPBD Jepara,” tambahnya. (Pendim 0716/Demak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar