Sabtu, 29 April 2017

Sosialisasikan Manfaat Kartu Tani pada Petani Di Demak



 
Rakor Upsus
Demak -  Jum’at (28/4/2017) bertempat di aula Kantor IPHI ( Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Jl. Jogoloyo Kec.Wonosalam Kabupaten Demak telah dilaksanakan rapat koordinasi upaya khusus padi, jagung dan kedelai serta serapan gabah petani di wilayah Kodim 0716/Demak.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Eri Wuryanto mewakili Ka Dispertan (Dispertan Pangan), Kepala BBPKH Cinagara Dr. Drh. Rudi Rawendra M.App.Sc, Sartono Ka.bulog Demak, Dra.Laelatul Hasanah M.Si.(Pusdatin), Kapten inf Mulyadi ( Pasi Ter) mewakili Dandim 0716/ Demak, Koordinator PPL se kab. Demak, Mantri tani se kab. Demak, Penyuluh kabupaten, Danramil sejajaran Kodim 0716/Demak, Perwakilan Babinsa Kodim 0716/Demak. 

Dandim 0716/Demak yang di wakilkan Pasiter Kodim 0716/Demak Kapten Inf Mulyadi mengucapkan selamat datang kepada Bapak Eri Wuryanto dan Bapak Rudi di Aula Kantor IPHI ( Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) dan para tamu undangan dalam rangka rapat koordinasi UPSUS dan Sergap. Pendampingan UPSUS dan Sergap oleh TNI AD khususnya para Babinsa mempunyai potensi yang luar biasa dalam peningkatan hasil panen sehingga sesuai yang diharapkan,’kata Pasiter.

Dalam pendampingan UPSUS dan SERGAP oleh Babinsa Kodim Demak supaya memenuhi target penyerapan beras diwilayah kab.demak, untuk itu Satker Bulog agar menyewa gudang penyimpanan serta dalam menetapkan HPP pemerintah seyogyanya sebelum MT I awal tahun sehingga pengalaman panen MT.I hampir habis HPP baru keluar serta untuk mpercepat proses panen mohon bantuan Combin,”harap Mulyadi

Sementara itu sambutan dari Kepala Dispertan Pangan mengucapkan terima kasihnya kepada Bapak Rudi yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk melaksanakan rapat koordinasi di kabupaten Demak. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Dandim Demak atas sarana dan prasarana sehingga terlaksananya acara ini. 

Maksud dan tujuan rakor Upsus ini untuk mendorong peran petugas utk lebih aktif berkontribusi Solusi gabah petani dimusim yang akan datang,Terget LTT ( luas ambah tanam) Demak  Padi tahun 2016 sebesar 101,490 target tahun 2017 sebesar 122.800 sedangkan jagung tahun 2016 24.230. Target tahun 2017 sebesar  26.432 serta Kedelai tahun 2016 139 target tahun 2017 sebesar  2.510 sehingga kita harus bisa memenuhi minimal mendekati lahan yang sudah ditentukan oleh Kementan,”terang Kadispertan Pangan

“Memaksimalkan “kartu tani” dan mensosialisasikan kepada para petani manfaat dan kegunaan kartu tani tersebut sehingga para petani yang belum punya segera membuat. Selamat bagi THL TBPP ( Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian) yang diangkat menjadi CPNS oleh Kementan, hal ini merupakan perhatian khusus dari bapak menteri sehigga akan lebih meningkatkan kinerjanya,”ungkap Eri Wuryanto

Di kesempatan yang lain, Kepala BBPKH CINAGARA juga mengatakan ucapan terima kasih juga kepada para penyuluh, babinsa dan para petani kab. Demak yang telah bekerja sehingga mencapai hasil panen yang maksimal meskipun menghadapi musim penghujan dalam masa tanam periode Januari-Maret. 

Pemerintah mengharapkan peran penyuluh dan babinsa di Kabupaten Demak untuk meningkatkan kinerjanya dalam pendampingan ke petani dan dapat memberi masukan kepada BPPKH,dan ucapan selamat juga kepada pegawai THL TBPP atas dedikasi dan kinerjanya yang diangkat menjadi CPNS, hal ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah. 

Dalam LTT bulan April-September harus dapat terpenuhi karena saat ini masih banyak tersedia air sehingga diharapkan produksi padi atau panen dapat meningkat, dengan ditunjukan  penghitungan dalam angka. Hal ini juga mempengaruhi daya serap bulog sehingga terpenuhinya target dalam pencapaian stok yang sudah ditentukan, dengan adanya cukup stok maka pemerintah tidak perlu melakukan impor beras sehingga nanti akan mempengaruhi daya jual hasil panen petani menjadi rendah.(Pendim 0716/Demak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar