Selasa, 18 April 2017

Petani Harus Mampu Antisipasi Iklim Ekstrim





DEMAK – Pasi Intel Kodim Demak Kapten Inf Rahmat.S menghadiri Sosialisasi yang di selenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Iklim di Ciputat Tangerang, Jawa Barat (Jabar), Acara sosialisasi Agroklimat tersebut memberikan pengetahuan tentang meningkatkan kemampuan petani dalam mengatisipasi iklim ekstrim untuk mendukung ketahanan pangan yang di ikuti lebih kurang 200 peserta.

"Sosialisasi ini untuk mendukung swasembada pangan secara nasional sesuai Inpres Nomor 5 Tahun 2011, sehingga kegiatan ini juga dilaksanakan di seluruh Indonesia," kata Kepala BMKG Stasiun Iklim Ciputat Tangerang  Joko Siswanto E,Sos saat pelaksanaan kegiatan tersebut di Pendopo Kab.Demak, Selasa (18/4/2017).

Ia menjelaskan pelaksanaan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan informasi kepada para petani terkait iklim agar dapat dipahami lebih baik untuk mendukung kegiatan bertani dan mengurangi risiko gagal panen akibat iklim dan cuaca.

Menurutnya belum banyak petani yang memahami dengan baik agroklimat karena penggunaan bahasa ilmiah yang sulit dimengerti sehingga melalui sosialisasi tersebut, diharapkan para penyuluh dapat membantu memberikan pemahaman dalam bahasa yang lebih sederhana.

"Dalam pelaksanaan sosialisasi ini, kami juga harapkan peran aktif penyuluh dalam memberikan informasi kegiatan bidang pertanian agar BMKG dapat pula menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan petani," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk mendukung pertanian, BMKG turut berperan dalam memberikan informasi terkait prakiraan curah hujan bulanan, hari tanpa hujan (HTH) setiap 10 hari dan prakiraan musim setiap semester.

"Informasi tersebut kami buat dalam bentuk buletin," tambahnya.

Selain program tersebut, BMKG Ciputat juga melaksanakan kegiatan lain berupa Sekolah Lapang Iklim (SLI) yang hasilnya telah dapat dilihat melalui adanya peningkatan produksi pertanian serta diadopsi oleh negara lain.

Turut hadir dalam acara sosialisasi antara lain Bupati Demak yang diwakili Asisten II Bpk Windu Sunardi SH, Dandim Demak yang di wakili Pasiintel Kapten Inf Rahmad Sugiarto, Kapolres Demak yang di wakili Akp Mulyono SH, Angota DPR RI Komisi V Fatkan Subeki, Kepala Balai Besar Wilayah II Meterologi Klimatorologi Geo Fisika Di Ciputat Tangerang  Joko Siswanto E,Sos, Kepala BMKG Jateng Ir Tuban Wiyoso, Kepala Kejaksaan kab Demak Khoirul Anwar SH. MH, Kepala OPD sekab Demak., Kepala Desa dan perwakilan Tokoh Masarakat  Kec. Bonang dan Kec.Wedung kab .Demak.

Pada Kesempatan yang lain Bupati Demak yang di bacakan oleh Asisten II Windu Sunardi,SH menyampaikan bahwa pemerintah Demak mengajak para petani dengan adanya sosialisasi Agroklimat ini bisa di laksanakan dengan baik agar para petani memperhatikan cuaca sehinga petani bisa menikmati panen dengan baik.serta dengan adanya sosialisasi ini harus tangap dan cerdas untuk membaca iklim yang estrim ini ,sehinga petani bisa menanam sesuai iklim sehinga bisa mendapatkan hasil yang maksimal,”harap Asisten II Demak.

Materi yang disampaikan di antaranya cuaca dan unsur iklim dan penggunaan teknologi sederhana untuk membantu petani yang dilakukan dalam bentuk ceramah dan simulasi.

"Dalam setiap materi sosialisasi, dilakukan evaluasi sebelum dan sesudah penyampaian materi agar dapat mengukur pemahaman peserta terhadap agroklimat tersebut," katanya.(Pendim 0716/Demak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar