Rabu, 21 Juni 2017

Dokar Masuk Desa , Ajak Anak-Anak Ngabuburit Keliling Desa





Demak – Orang mencari rezeki dituntut harus kreatif agar menghasilkan hasil sesuai yang diinginkan . Seperti halnya Sudirman warga desa Sidi Gede kecamatan Welahan ini. Ia adalah kusir penarik dokar yang mangkal di desa. Namun pada bulan puasa ini ia mencari peruntungan dengan berkeliling desa.

Pertama kali desa yang terdekat dengan desanya semakin lama semakin jauh. Yang menjadi sasarannya adalah  anak-anak yang libur sekolah. Dengan menawarkan jasa keliling desa ia mendapatkan bayaran dari anak-anak Rp 3.000 sekali naik. Sehingga ia tidak narik lagi di pangkalan namun keliling desa melayani anak-anak.

“ Berangkat dari rumah ya sekitar jam tujuh  dan pulang nanti sore mau buka puasa , ya kalau Rp 100 ribu ya dapat , kalau ramai ya lebih . Lumayan bisa untuk persiapan lebaran”, kata Sudirman kusir dokar  pada kabaredemak.

Sudirman mengatakan narik dokar keliling desa hasilnya lebih banyak dari pada mangkal di pangkalan atau pasar. Namun demikian membutuhkan waktu yang lama karena harus sabar menanti penumpang.  Iapun selalu berpindah tempat dalam rentang waktu 1-2 hari. Desa yang ia kunjungi lebih dari 5 Desa diantaranya desa di kabupaten Demak dan Jepara . Seperti desa Jungsemi,Jungpasir, Mutih , Kedungmutih dan Kedungmalang. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar