Rabu, 21 Juni 2017

Ayo Membuat Petasan Pralon Murah Meriah di Hari Raya





Demak – Hari raya tanpa suara dentuman petasan rasanya seperti makanan kurang garam. Meskipun petasan adalah larangan keras namun disetiap lebaran masih ada saja orang yang membuatnya.  Selain menjanjikan keuntungan bagi pembuatnya mercon banyak dicari terutama remaja dan anak-anak.

Namun demikian saat ini ada alternative bagi anak-anak yang ingin main petasan. Namanya petasan pralon dengan bahan spiritus. Dengan petasan pralon ini anak-anak bisa mendengar suara dar der dor. Selain suaranya sama biaya lebih hemat karena hanya membuat sekali namun bisa digunakan seterusnya.

Cara membuatnya mudah ambil saja pralon kecil dengan diameter 3-4 cm . Potong pralon sepanjang 50 - 60 cm . Selain itu  anda juga menyiapkan satu korek magnet ,dan leher botol plastic yang ukurannya sama dengan pralon. Setelah itu rangkai pipa pralon dan juga leher botol. Setelah itu tutup botol beri lubang masukkan pemantik korek api dari magnet.

Isolasi atau lem bagian sambungan antara pralon dan  leher botol . Setelah terpasang cari karet bekas sandal masukkan ke dalam pralon sebagai penyekat. Adapun cara memainkannya cukup mudah buka tutup petasan pralon. Semprotkan satu atau dua kali ke dalam pipa pralon . Tutup kembali petasan lalu kocok-kocok sebentar. Setelah itu pejet pemantik korek , dengn selesainya memjet maka dari dalam pipa pralon akan terdengan ledakan seperti petasan. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar