Senin, 05 Juni 2017

Rawan Penyelewengan ,Klinik Pengawasan Dana Desa Solusinya






DEMAK - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengakui adanya kelemahan dalam mengawasi dana desa yang digulirkan pemerintah pusat.

Hal itu terlihat dari banyaknya laporan masyarakat terhadap penggunaan dana desa. Sepanjang 2016, Kemendes menerima 932 laporan dugaan pelanggaran penyalahguna dana desa dari masyarakat.

Untuk meningkatkan pengawasan desa, Kemendes mengandeng sejumlah elemen. Di antaranya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kejaksaan, kepolisian, TNI dan masyarakat sipil.

Untuk itu kehadiran klinik desa di Kecamatan Wonosalam berdampak positif terhadap pengelolaan keuangan baik di daerah maupun desa. Program ini menjadi andalan dalam pengelolaan keuangan di desa-desa.

Kasi Permas Kec. Wonosalam Rifqi Fajrul S.Stp dan Lutfi Taufiq S.Pd.I hari ini Senin (05/06) datang Ke Koramil 03 Wonosalam Dim 0716/Demak dalam rangka untuk mendukung  pembentukan Klinik pengawasan Dana Desa untuk memantau supaya dana desa tidak disalah gunakan.dan di terima langsung oleh Danramil Kapten Inf Dony Visma.
Rifqi Fajrul S.Stp mengatakan klinik desa merupakan suatu gagasan yang efektif  di dalam menginginkan pengawasan penuh terhadap pengelolaan keuangan dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa.

Kata Rifqi , bupati menginginkan dana desa tepat sasaran. Jangan sampai, pengelolaan dana tersebut menjadi masalah. "Makanya perlu ada auditor untuk mengawasi kegiatan yang sumber pendanaanya dari dana desa," kata Rifqi.

"Tak hanya mengobati tapi bisa mencegah, dalam hal ini keuangan. Misalnya orang yang mempunyai gejala sakit, solusinya adalah klinik. Kira -kira seperti itulah gambarannya dengan klinik desa," kata Rifqi Fajrul S.Stp menjelaskan.

Program ini bertujuan membawa perubahan positif bagi daerah dalam hal pengelolaan keuangan. Pekerjaan para auditor memiliki kesamaan dengan audit eksternal yang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

Tidak sampai di situ, ke depan auditor yang sudah tergabung dalam klinik desa, akan mengambil status lebih tinggi. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan memunculkan auditor -auditor muda. (Pendim 0716/Demak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar