Minggu, 15 Juni 2014

Merasakan Gempol Pleret “Bugel-Bulak Baru” Jepara



Jepara - Salah satu minuman lama yang kini masih digemari dan dilestarikan adalah Gempol Pleret. Entah dari mana jenis minuman ini berasal. Namun dari beberapa sumber mengatakan minuman manis ini berasal dari pesisir Demak maupun Jepara.

Di dua daerah ini minuman gempol dan pleret ini banyak kita jumpai di berbagai dari kawasan pedesaan sampai dengan perkotaan. Ada yang menyediakan minuman ini berdiri sendiri baik gempol dan juga pleret. Namun ada juga yang dicampur dalam penyajiannya gempol pleret menyatu dalam satu wadah.

Gempol adalah isian minuman yang berbahan baku dari beras yang dibuat bulat-bulat . Bulatan gempol ini besarnya tergantung selera ada yang besar dan ada yang kecil seperti halnya gelondongan bakso. Namun yang rata-rata berukuran sedang empat kali besarnya kelerang.

Sedangkan pleret juga terbuat dari tepung beras . Namun bentuknya pipih kecil-kecil sepeti kerupuk bawang. Pleret ini tidak keras seperti kerupuk tetapi lunak sehingga jika dimasukkan dalam mulut ada sensasi tersendiri.

Nah di jalanraya  desa Bulak Baru – Bugel tepatnya di bawah makam Mangun Sejati ada warung yang khusus menjual minuman gempol-pleret ini. Minuman berkuah manis ini cocok diminum di siang hari ketika panas terik . Apalagi jika ditambah es batu rasanya mak cleng menyegarkan.



Menurut Mbak si penjual minuman Gempol Pleret ini ia berjualan sudah hampir lima tahun. Minuman ini banyak penggemarnya selain orang yang melewati jalan tersebut juga para guru-guru. Selain itu banyak pula orang yang punya gawe memesan minuman tradisional ini.

“ Ya meski minuman produk dulu , tetapi gempol pleret ini masih banyak penggemarnya . Selain orang yang lewat di depan jalan ini guru-guru di sekitar sini sering mampir merasakan minuman gempol pleret ini “, tuturnya.

Untuk harga semangkok gempol pleret hanya Rp 2.000 jika ditambah dengan gorengan uang Rp 10 ribu untuk berdua masih ada sisa. Warung Gempol Pleret Bugel ini letaknya cukup strategis sehingga siapapun yang menuju ke kantor kecamatan dari arah barat pasti melewati warung gempol pleret.


Nah bagi pembaca yang kebetulan lewat di warung gempol pleret silakan mampir dan merasakan nikmatnya gempol pleret. Apalagi jika pas siang panas menyengat tentunya sangat menyegarkan silakan dicoba. (Muin).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar