Kamis, 30 Maret 2017

Kreatif !!! Sandal Jepit Jadi Souvenir , Di Tangan Harir Warga Demak



 
Jepit Ukir bergambar Bupati Demak
Demak – Kreatifitas memang mahal harganya barang yang fungsinya sebagai alas kaki . Ditangan orang kreatif jadi hiasan atau souvenir yang indah dan berharga. Itulah usaha yang kini ditekuni Muhammad Harir warga desa Prampelan Kidul RT 04 RW 01 kecamatan Sayung kabupaten Demak. Sandal jepit yang berfungsi sebagai alas kaki namun di tangan Harir menjadi hiasan yang indah di pandang mata.

Sandal jepit di ukir dengan gambar yang menarik ada foto , diri , pemandangan alam, hewan sampai dengan tulisan atau mutiara kata. Sehingga barang inipun bisa dijadikan hiasan rumah dan juga hadiah ulang tahun bagi suami , istri , sahabat atau kolega . Dengan di bingkai indah layak sebagai hiasan di ruang tamu , kamar tidur dan tempat lainnya.

“ Saya tidak belajar khusus , awalnya ya coba-coba saja kok bagus. Setelah ketemu alat dan caranya barulah saya posting di FB dan tidak begitu lama ada yang pesan “, kata Harir pada kabaredemak.com.

Memang sejak dulu ia senang akan hal-hal yang baru. Selain itu ia juga mempunyai bakat dalam hal kerajinan tangan. Sehingga ketika ada contoh sandal jepit ukir iapun mencoba coba. Awalnya memang kasar namun setelah lama ia coba makin lama makin halus garapannya. Ketika dipertunjukkan pada teman-temannya pada kagum dan banyak yang pesan.

Apalagi setelah gambar yang ia posting viral di media social semisal face book . Pesanan tidak hanya datang dari Demak saja namun mulai merabah saantero Jawa dan juga luar Jawa. Kemudahan dalam hal pengiriman barang itulah membuat usahanya semakin berkembang. Sandal jepit ukirnya kini sudah sampai di kota-kota di Indonesia.  Produk sandal jepit dari Demak ini sudah menjadi Industri kretaof do kota wali.

  Mengapa sandal jepit karena sandal jepit adalah media untuk alas kaki yang tempatnya di bawah. Namun karena kreatifitas bisa disulan jadi barang yang berharga dan bergengsi. Itulah filosofi hidup yang mengecilkan sesuatu yang di bawah “, kata Harir.

Untuk harga jual sandal jepit , Harir tidak mematok harga khusus . Harga bisa nego tergantung dari disain dan kerumitan gambar. Namun untuk yang sederhana yaitu dipakai langsung harganya bisa Rp 30 – 40 ribuan. Namun jika digunakan untuk souvenir atau kado ulang tahun dengan media berbingkai harga mulai Rp 100 ribu – 300 ribu .

“ Harga memang tidak ada patokan khusus melihat kondisi disain dan juga bingkainya . Silakan bagi yang ingin pesan bisa menghubungi saya bisa lewat Wa atau inbok di FB . Yang luar kota bisa pesan on line barang kita kirim via TIKI ,JNE dan Pos . Untuk pembayarannya bisa transfer “, kata Harir berpromosi sambil memberikan nomor HPnya 089631337362dan BB Pin 5556d4b6

 Selain keahliannya mengukir sandal Muhammad Harir juga membuat berbagai macam hiasan uang mahar dan seserahan ungtuk pengantin. Setiap waktu pintunya terbuka untuk siapa yang mau memesan barang atau sekedar berbagai pengalama. Ke depan ia berharap usaha ukir sandal jepitnya lebih maju lagi.

Dalam rangka Hari Jadi kabupaten Demak yang ke 514  Harir membuat sandal jepit ukir bergambar Bupati Demak HM. Natsir plus piguranya. Sebagai bukti kecintaanya pada Bupati Demak yang memimpin Demak lima tahun yang akan datang. Semoga Demak lebih maju dan menasional. (Muin)

1 komentar: