Selasa, 09 Desember 2014

Di Pasar Ikan Kedungmutih , Pak Kholil Jual Ikan Lele



Demak- Pasar ikan Kedungmutih kecamatan Wedung setiap pagi harinya ramai didatangi pengepul ikan dari berbagai daerah sekitar Demak. Berbagai jenis ikan baik dari laut dan tambak tersedia di pasar ini. Ikan dari air tawarpun tidak ketinggalan. Salah satu ikan air tawar yang cukup digemari adalah ikan Lele. Di pasar Baru ini ada pedagang ikan yang khusus menjual ikan air tawar ini.
Dia adalah pak Kholil warga desa Bungo kecamatan Wedung. Dengan membawa mobil pick up yang dibuat seperti kolam . Ia bersama istrinya membawa ratusan ikan lele dengan berbagai ukuran. Ikan Lele adalah ikan khusus yang penjualannya dalam kondisi masih hidup. Oleh karena itu mobilnya diberi plastic dan air agar ikan Lele terjaga kehidupannya.
“ Kalau dihitung sampai saat ini saya jualan lele sudah sepuluh tahun lebih. Ikan Lele ini selain hasil dari kolam sendiri juga kulakan pada tetangga yang mempunyai kolam “, kata pak Kholil pada kabarseputarmuria.com
Pak Kholil berangkat dari rumahnya usai shalat subuh , kadang-kadang subuhan di musholla dekat pasar baru. Setiap hari ia membawa ikan lele 2- 3 kwintal yang di bawa dengan mobil. Ikan Lele dari rumah ditempatkan  dalam kolam air di mobilnya. Sesampainya di pasar ikan lelepun dimasukkan dalam ember menurut ukurannya.
“ Untuk harga selalu berubah-ubah tergantung pasokan barang dan juga permintaan. Namun untuk harga ikan Lele di pasar ini berkisar antara Rp 17 ribu – Rp 25 ribu. Saat penghujan seperti ini ya penjualan standart antara 1,5 – 2 kwintal perhari “, tambah Pak Kholil.
Menurut pak Kholil selain pembeli eceran atau rumahan banyak pula pedagang atau pemilik rumah makan yang setiap hari mengambil ikan lele darinya. Ikan lele dagangannya cukup laris selain harganya yang tidak begitu mahal rasanyapun nikmat jika dibakar atau di goreng. Oleh karena itu setiap hari ia pastikan datang ke pasar baru untuk menemui pelanggannya.
Dari berjualan ikan Lele keuntungan yang diperoleh cukup lumayan. Selain  untuk kebutuhan belanja sehari-harinya, juga menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi. Menurutnya berdagang ikan seperti dirinya masih prospektif bagi yang belum mempunyai pekerjaan tetap. Namun keuletan diperlukan dalam berdagang ikan ini terutama harus pandai memilih ikan agar tidak mengecewakan pelanggan.

“ Alhamdulillah dari berdagang ikan Lele ini , anak saya kuliah jurusan computer di STIKOM Semarang. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ya usaha penjualan ikan Lele ini sedikit kendalanya yang penting tahu memilih ikan yang bagus “, kata pak Kholil sambil melayani pelanggannya yang membeli ikan lele. (Muin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar