Minggu, 24 Agustus 2014

Petani Desa Gerdu Jepara Mencoba Tanam Semangka



Pemupukan tanaman semangka

Jepara – Lahan persawahan desa Gerdu kecamatan Pecangaan di pinggir jalan raya Gerdu – Kaliombo biasanya hanya ditanami padi pada musim penghujan  saja. Namun pada musim kemarau kali ini lahan kering itu di coba ditanami buah semangka. Harapannya bisa berbuah bagus serta menghasilkan pendapatan tambahan yang banyak.

“ Ini lahan milik pak Petinggi Gerdu saya hanya ditugaskan untuk merawat saja . Tanaman semangka ini sudah ada satu bulanan kelihatannya pertumbuhannya bagus satu dua sudah ada yang mulai berbuah “, kata Khomsin pada FORMASS, Rabu (20/8).

Dikatakan , sawah pinggir jalan ini tergolong lahan yang kering karena tempatnya agak tinggi dengan yang lain. Biasanya lahan tersebut ditanami padi paling banter dua kali dalam setahun. Pada musim kemarau biasanya dibiarkan terlantar.

Namun untuk tahun ini oleh sang pemilik yaitu petinggi desa Gerdu dicoba ditanami tanaman semangka. Pengalaman menanam semangka itu didapatkan dari sesame petani tetangga desa Batu Kali dan Teluk Wetan yang pernah menanam semangka dan hasilnya lumayan bagus.
“ Semua teknik penanaman semangka ini yang ngatur pak petinggi , seperti ramuan pupuk ini yang membuat pak petinggi . Saya tinggal melaksanakan saja “, kata Khomsin.

sebagian mulai berbuah 


Menurut Khosin Semangka yang ditanam di lahan persawahan itu ada dua jenis yaitu jenis Taiwan dan Semangka Inul . Tanaman Semangka tersebut ditanam dilahan kurang lebih satu hektar. Sebelum ditanam lahan persawahan dibuatkan saluran air untuk penyiraman setiap harinya.

Perawatan harian yang dilakukan selain penyiraman dan pemupukan adalah membersihkan lahan dari rumput liar. Selanjutnya jika mulai berbunga tanaman semangka dikondisikan hanya bercabang tiga sehingga nantinya jika berbuah maksimal satu tanaman tiga buah semangka.

“ Agar buahnya bisa maksimal kami disuruh untuk “mbatili” (memotong) cabang semangka ini maksimal hanya tiga saja. Kalau tidak dipotong nanti buahnya banyak dan tidak bisa besar “, tambahnya

Menurut Khomsin tanaman Semangka ini di panen minimal dua bulan melihat hasil buahnya. Jika belum besar maka di tambah waktunya setengah bulan lagi. Tetapi yang sudah sudah rata-rata masa panen semangka adalah 2 – 3 bulan.(Muin)



BUTUH GARAM KROSOK DARI DEMAK  
HUBUNGI : HAMZAWI ANWAR - 085727809314

Tidak ada komentar:

Posting Komentar