Kamis, 22 Agustus 2013

Comberan Yang Membawa Rezeki

Pak Maskuri

Jepara  - Bagi Pak Maskuri warga desa Pecangaan Wetan Jepara comberan atau selokan merupakan tempat mencari rezeki. Dari comberan itulah dia bisa dapat uang dan menafkahi keluarganya. Meski kadang menimbulkan bau yang tidak sedap . Pekerjaan ini dijalani dengan senang hati.

“ Habis gimana lagi cacing sutra ini hidupnya di selokan atau comberan seperti ini meski harus bergelut dengan lumpur dan bau tak sedap ya jalani saja “, aku Pak Maskuri .

Dengan membawa alat serok yang terbuat dari waring dan wadah dari jrigen bekas. Pak Maskuri menyusuri selokan mulai dari desa Karang Randu sampai dengan desa Pecangaan Wetan. Dari rumahnyanya ia ngonthel sepeda berjarak 2 Km dari rumahnya.

Cacing sutra menurut Pak Maskuri di cari oleh pembibit Lele . Cacing halus berwarna merah ini bagus untuk pakan anak lele yang baru menetas.Oleh karena itu yang mencari cacing ini tidak hanya warga Jepara . Pembibit lele luar kota juga mencari cacing ini.

Kalau saya sudah punya pembeli langganan dari daerah Pati. Jika di rumah sudah ada simpanan banyak saya tinggal SMS saja. Bakul cacing sutra  itu datang ke rumah saya tinggal takar dan bayar secara kontan. Selain dia beberapa tetangganya juga mencari cacing sutra ini.


Cacing Sutera


“ Untuk hasilnya ya tidak menentu tergantung pemburuan di selokan dan comberan. Saat ini harganya satu takar gelas besar Rp 5 ribu . Satu hari kadang dapat 3 sampai 5 gelas “, kata pak Maskuri.

Selokan atau comberan di sekitar desa Pecangaan Wetan memang cocok untuk hidup cacing sutra ini. Air yang kotor dan bercampur limbah dari tahu dan tempe memang tempatnya cacing sutra hidup. Sehingga satu alur ada 3 – 4 orang yang berburu cacing sutra ini.

Berburu cacing sutra ini menurut pak Maskuri harus tahan bau . Di sepanjang alur selokan ini berbagai macam sampah ditemukan. Selain sampah dari rumah tangga juga sampah dari home industry. Namun karena sudah terbiasa meski berbau tidak sedap tidak jadi masalah.

“ Yang penting dapat cacing sutra banyak saya sudah senang itu berarti ada pemasukan uang untuk belanja keluarga sehari-hari ‘, tambahnya. (Muin)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar